Dana Darurat di Kala Pandemi

Dana Darurat di Kala Pandemi

Krisis menjadi tema yang cukup diperhatikan belakangan ini baik itu adalah krisis kesehatan maupun krisis ekonomi. Hal ini dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Pertumbuhan ekonomi yang terhambat ini dirasakan oleh berbagai negara, tak terkecuali Indonesia.

Sudah banyak negara yang terjerumus ke jurang resesi ekonomi. suatu kondisi yang identik dengan penurunan aktivitas bisnis dan kegiatan usaha, yang bisa berdampak pada turunnya profit perusahaan dan meningkatnya tingkat pengangguran. Hal ini tentu saja sangat berdampak negatif terhadap perekonomian negara.

Untuk menyikapi situasi seperti ini, kita perlu menyadari bahwa pentingnya dana darurat untuk menjadi alokasi aset keuangan kita. Kita juga tidak tahu kapan krisis seperti ini akan selesai, bisa saja krisis ini akan melanda kita dengan jangka yang cukup lama. Maka dari itu, dana darurat kamu harus selalu siap.

Dana darurat bisa kamu jadikan financial safety net  di tengah ketidakpastian dan tingkat instabilitas yang semakin tinggi di masa krisis ini. Jangan sampai  dengan ketidaksiapan kita dalam memiliki dana darurat, nantinya akan menimbulkan kesulitan finansial di masa yang akan datang.

Terus, gimana sih caranya untuk mengelola dana darurat agar optimal? Yuk simak beberapa hal yang harus kamu perhatikan mengenai dana darurat berdasarkan situs resmi ojk.go.id.

Tentukan berapa dana darurat yang ingin kamu simpan

Untuk menyimpan dana darurat, kamu perlu memperhatikan pemasukan kamu, sehingga kamu bisa menyesuaikan dan tidak akan kesulitan dalam mengatur keuangan kamu. Selain disiplin menyisihkan, dibutuhkan sejumlah strategi dalam mengumpulkan dana darurat nih. Strateginya adalah sebagai berikut:

  • Dimulai dengan menghitung berapa rata-rata pengeluaran bulanan untuk mendapatkan jumlah dana darurat yang tepat.
  • Alokasikan sejumlah dana tetap dari penghasilan kamu misalnya 10%-20% dari gaji bulanan selama 10 bulan ke depan.
  • Lakukan penghematan dengan memangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu dan monitor terus dana tersebut.

Tempat penyimpanan dana darurat

Untuk kamu, sangat disarankan untuk membedakan tempat penyimpanan untuk dana darurat dan uang untuk kebutuhan sehari-hari kamu. Agar dana darurat itu tetap tersimpan dengan aman. Dana darurat ini harus aman dalam arti memiliki risiko fluktuasi jangka pendek dan risiko kegagalan yang rendah, mudah diakses kapanpun dan dimanapun.

Jadi, mulai sekarang kamu harus punya dana darurat ya! Kamu bisa lho menyimpan dana darurat kamu di Eidupay, jika akun kamu sudah premium, kamu bisa menyimpan saldo kamu sampai 10 juta. Jangan lupa untuk menerapkan hal-hal penting di atas ya!.

Post your comment