Hati-hati dengan Trend Sebar Data Pribadi. Berikut Tips Agar Data Pribadi Kamu Tidak Bocor!

Hati-hati dengan Trend Sebar Data Pribadi. Berikut Tips Agar Data Pribadi Kamu Tidak Bocor!

Penipuan digital bukan lagi hal yang baru. Bahkan penipuan digital sudah terjadi beberapa tahun belakangan. Namun, hingga saat ini masih saja banyak yang terjebak dan masuk dalam penipuan digital ini. Jangan sampai kamu juga menjadi korban penipuan digital yang semakin merebak ini ya.

Kenapa sih, masih saja banyak orang yang terhasut dengan penipuan digital. Penipuan digital saat ini, bentuknya bukan hanya melalui sms dan telepon. Tetapi, ada hal baru yang saat ini menjadi ajang oknum tak bertanggungjawab untuk melancarkan aksinya. Salah satunya dengan memakai hal-hal yang lagi trend saat ini untuk modal mengetahui info lebih banyak dari calon korban, seperti fitur add yours yang ada di Instagram.

Sebenarnya fitur ini bagus dan tidak ada menjerumus ke hal penipuan. Para pengguna bisa share tentang moments yang bisa orang lain lakukan hal yang sama juga. Namun, momen ini dimanfaatkan dengan oknum tak bertanggungjawab untuk menipu. “Spill and your nickname” “Foto bareng KTP kamu” “Tanggal lahir kamu” “Alamat kamu” dan semacamnya, menjadi add yours yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Bukan tanpa sebab, hal ini dinilai sebagai modal untuk orang lain bisa melakukan penipuan secara online. Bahkan sudah ada beberapa yang merasakannya.

Jangan sampai data pribadi kamu bocor juga dan membuat kamu menjadi salah satu korban penipuan selanjutnya. Simak tips berikut ini yuk, agar kamu lebih hati-hati dengan data pribadi kamu

  1. Ikut trend boleh, tapi harus tetap pilih dan pertimbangkan baik buruknya ya!

Yap, gak ada salahnya mengikuti trend agar tidak ketinggalan zaman. Tapi, tidak semua trend wajib kamu ikuti kok. Kamu harus pertimbangkan terlebih dahulu baik buruk dari trend yang kamh ikuti. Jangan sampai merugikan kamu, apalagi kalau data pribadi kamu sampai disalahgunakan.

  1. Jaga data pribadi kamu

Data pribadi itu penting, karena pasti data kamu terhubung ke banyak hal, seperti untuk pendataan negara, pembuatan rekening, pembuatan akun media sosial, dan banyak akses lainnya. Jangan sampai, kalau data kamu diketahui oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, kamu tidak lagi bisa menggunakan akses kamu

  1. Pilih sumber terpercaya

Pastikan terlebih dahulu, sebelum kamu mengikuti trend digital, sumber yang kamu pakai terpercaya dan bisa menyimpan kerahasiaan data kamu. Bukan dari share yang orang lain lakukan.

Ingat, data pribadi itu penting. Penipuan saat ini juga semakin banyak macamnya. Lebih hati-hati dalam memberikan data pribadi kamu ya. Jangan lupa juga untuk menjaga kerahasiaan PIN keamanan akun EiduPay kamu. Jika tidak, bisa jadi akun EiduPay dan saldo yang ada di EiduPay kamu akan dipakai oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Tetap hati-hati dan jaga keamanan setiap akun kamu dan data pribadi kamu ya!

Share:

Post your comment